Waket II Tutup Rapat Paripurna X DPRD Kota Sorong Tahun 2019

Bagikan ini...

SORONG, cenderawasihekspres.com – Wakil Ketua II DPRD Kota Sorong, Denny Mamusung selaku pimpinan rapat menutup secara resmi Rapat Paripurna X DPRD Kota Sorong masa sidang tahun 2019 dalam rangka penyerahan persetujuan DPRD Kota Semarang terhadap materi Raperda tentang perubahan APBD tahun anggaran 2019 yang berlangsung diruang rapat utama kantor DPRD Kota Sorong, Senin (16/9).

Dalam pidato penutupan Denny mamusung mengatakan, pelaksanaan kegiatan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang perubahan APBD yang dilakukan oleh DPRD dan walikota dari pembukaan sampai akhir telah sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana tertuang dalam ketentuan pasal 152 ayat (2).

Merujuk pada ketentuan tersebut maka DPRD bersama Walikota telah melakukan serangkaian kegiatan tahapan atau mekanisme pembahasan Ranperda perubahan APBD Kota Sorong tahun 2019 yang pada hari ini telah berakhir dan disetujui bersama sebagai Peraturan Daerah tentang perubahan APBD tahun anggaran 2019 yang ditandai dengan diserahkan keputusan DPRD dari pimpinan DPRD kepada Walikota Sorong.

Ditambahkan Mamusung, pelaksanaan perubahan APBD adalah merupakan kegiatan reguler pada setiap tahun anggaran yang manfaatnya demi terciptanya kelancaran tugas rintahan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan disetujuinya dan ditetapkannya Peraturan Daerah Kota Sorong tentang perubahan APBD tahun anggaran 2019 yang merupakan landasan untuk pelaksanaan APBD tahun anggaran 2020,” pungkas Mamusung.

Sementara Walikota Sorong, Lamberth Jitmau saat memberikan sambutan pada acara penutupan Rapat Paripurna X DPRD Kota Sorong tahun 2019 mengatakan, perubahan anggaran memiliki nilai yang sangat strategis dalam rangka melakukan evaluasi terhadap pencapaian kinerja pemerintah daerah sebagaimana tertuang dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) sehingga kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan daerah berdasarkan ketentuan yang ditetapkan dalam perundang-undangan yang berlaku dan hal ini sangat penting dilakukan dalam rangka pencapaian visi dan misi pemerintah Kota Sorong terus kedepan.

“Saya secara pribadi dan atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada seluruh pimpinan dan anggota yang telah berhasil menyelesaikan paripurna dalam rangka pembahasan materi RAPBD perubahan tahun 2019 tentu dalam pembahasan ini terdapat perbedaan pendapat ataupun perdebatan dalam pembahasan diantara kita. Hal ini membuktikan bahwa proses demokrasi dikalangan eksekutif dan legislatif berjalan dengan baik,” terang Walikota.

“Perbedaan yang ada jangan dijadikan sebagai sandungan untuk saling menjatuhkan dan saling menyalahkan namun perbedaan ini kita lihat dari sudut pandang yang positif sebagai wujud kepedulian serta tanggungjawab kita dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi kita masing-masing dalam rangka pencapaian visi dan misi pemerintah Kota Sorong untuk memangun Kota Sorong lebih maju kedepan,” ungkap Walikota. (Jas)


Bagikan ini...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.