Tiga Puluh Anggota DPRD Kota Sorong Dilantik

Bagikan ini...

SORONG, cenderawasihekspres.com – Tiga puluh anggota DPRD Kota Sorong hasil Pemilihan Umum 2019 lalu dilantik oleh Kepala Pengadilan Negeri Sorong, Selasa (17/9).

Pelantikan 30 anggota DPRD Kota Sorong berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Provinsi Papua Barat Nomor : Nomor : 171.2/154/VIII/2019 tanggal 22 Agustus 2019 tentang Persemian Pengangkatan Anggota DPRD Kota Sorong Periode 2019-2024.

Walikota Sorong Lamberth Jitmau saat membacakan sambutan Gubernur provinsi Papua Barat mengatakan,  sebagaimana pasal 155 ayat (4) Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah juncto pasal 27 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD provinsi, kabupaten dan kota, menegaskan bahwa masa jabatan anggota DPRD kabupaten/kota adalah 5 (lima) tahun terhitung sejak pengucapan sumpah/janji dan berakhir pada saat anggota DPRD yang baru mengucapkan sumpah/janji serta pasal 28 ayat (1) huruf (a) peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2018tentang pedoman penyusunan tata tertib dewan perwakilan rakyat daerah provinsi, kabupaten dan kota, menegaskan bahwa keanggotaan dprd kabupaten/kota diresmikan dengan keputusan gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah.

Kata Walikota, anggota DPRD yang dilantik hari ini untuk lima tahun kedepan telah mengemban kepercayaan masyarakat. DPRD adalah lembaga perwakilan rakyat yang mempunyai fungsi sebagai pembentukan Perda, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan.

“DPRD merupakan mitra sejajar kepala daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah yang memiliki peran dan tanggung jawab dalam mewujudkan efisiensi, efektivitas, produktivitas, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan daerah, melalui pelaksanaan hak, kewajiban, tugas, wewenang, dan fungsi DPRD sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan-undangan yang berlaku,” terang Walikota.

Untuk itu saya berharap agar saudara-saudari dapat berkerjasama dengan kepala daerah dan stakholder lainnya untuk tercapainya kesejahteraan masyarakat di Kota Sorong.

Anggota DPRD Kota Sorong adalah milik seluruh lapisan masyarakat Kota Sorong. Perbedaan, pertentangan, dan permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan Pemilu lalu, hendaklah dilebur dalam satu cita-cita yaitu mewujudkan kebersamaan di Kota Sorong. Masih banyak program yang harus diselesaikan oleh pemerintah daerah dan DPRD, karena berhasil tidaknya penyelenggaraan pembangunan di Kota Sorong tergantung pada saudara-saudari sekalian juga.

Pada kesempatan yang baik ini, saya menghimbau kepada pemerintah daerah Kota Sorong dan segenap komponen masyarakat, hendaknya dapat mendukung sepenuhnya anggota DPRD yang baru dilantik dalam menjalankan tugasnya sesuai visi, misi dan janji yang disampaikan pada saat kampanye.

Hal ini penting karena kompetisi demokrasi yang lalu jangan pernah diartikan sebagai jurang pemisah antar satu elemen atau kelompok masyarakat dengan kelompok masyarakat lainnya, namun justru harus dijadikan wadah untuk semakin mendewasakan seluruh pemangku kepentingan dalam berpolitik, yang kemudian diwujudkan dalam sebuah kebersamaan untuk membangun masyarakat di Kota Sorong khususnya dan di Provinsi Papua Barat umumnya.

Saya secara pribadi dan atas nama pemerintah Provinsi Papua Barat, mengucapkan selamat kepada anggota DPRD Kota Sorong masa jabatan tahun 2019-2024, selamat menjalankan amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh rakyat kepada saudara-saudari sekalian.

Atas nama pemerintah Provinsi Papua Barat, saya juga  menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus kepada anggota DPRD yang telah selesai masa jabatannya, atas pengabdian dan jasa-jasanya selama menjadi anggota DPRD Kota Sorong. Apa yang saudara telah kerjakan dan laksanakan di Kota Sorong selama lima tahun, saya percaya telah memberikan manfaat yang besar kepada pemerintah daerah dan masyarakat Kota Sorong.

Pada kesempatan ini juga, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi, kepada KPU dan Bawaslu Kota Sorong, aparat keamanan dan seluruh pihak yang telah terlibat  dalam pelaksanaan Pemilu yang lalu, sehingga boleh terlaksana dengan baik, meskipun tidak bisa dipungkiri, dalam pelaksanaan Pemilu terdapat permasalahan namun semuanya dapat terselesaikan dengan baik.

Saya mengajak kita semua untuk tetap menjaga situasi dan keamanan di Provinsi Papua Barat, khususnya di Kota Sorong dan jangan mudah terprovokasi dengan isu-isu atau hoaks yang tidak bertanggunjawab yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan kita dalam bermasyarakat dan bernegara. (Jas)

 


Bagikan ini...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.